Apa Itu Email Marketing, Strategi dan Jenis-Jenisnya

Apa itu email? Mungkin pertanyaan ini seringkali terlintas di benak sebagian besar orang, meskipun istilah ini sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Apa Itu Email Marketing, Strategi dan Jenis-Jenisnya

Email yakni kependekan dari electronic mail yang mana dalam arti kata bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Email menjadi sarana dalam mengirim surat yang dilakukan dengan menggunakan media internet.

Dalam hal ini, media yang digunakan adalah komputer/laptop atau smartphone yang mempunyai akses internet. Jika pada awalnya saat mengirimkan surat biasa kita akan dikenakan biaya perangko, maka pada surat elektronik hanya memerlukan adanya sambungan internet.

Mengenal Apa Itu Email?

Pengertian dari Email atau surat elektronik adalah salah satu sarana untuk mengirim serta menerima surat atau pesan dengan menggunakan format digital melalui adanya jaringan komputer serta internet.

Pesan tersebut (surat digital) dibuat, lalu dikirimkan menuju alamat lain dengan perangkat lain. Misal, laptop/komputer atau gadget. Tentu saja, melakukannya memerlukan sambungan internet yang lancar.

Dengan kata lain, mengirim pesan melalui email adalah salah satu cara yang cukup cepat, efektif dan efisien. Sebenarnya cara kerja email pun cukup sederhana. Sama halnya saat kita menulis surat kepada orang lain.

Perbedaannya adalah apabila memakai email, kita bisa mengirimkan pesan dengan cara lebih cepat, bahkan dengan menyertai file tertentu.

Dengan kata lain, mengirim pesan melalui email adalah salah satu cara yang cukup cepat, efektif dan efisien. Sebenarnya cara kerja email pun cukup sederhana. Sama halnya saat kita menulis surat kepada orang lain.

Di era yang serba canggih saat ini, hampir semua orang menggunakan email untuk memenuhi kebutuhan mereka. Terutama bagi mereka yang kesehariannya beraktivitas dengan menggunakan perangkat PC atau laptop tentu mempunyai akun email. Email sendiri mempunyai layanan gratis hingga berbayar seperti halnya email marketing.

Apa Itu Email Marketing?

Jika sebelumnya kita mengulas tentang apa itu email, saat ini kita akan mengulas mengenai pengertian email marketing. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang sudah memakai atau memanfaatkan email marketing dalam melancarkan bisnisnya.

Selain itu, email marketing juga juga sangat bermanfaat bagi perusahaan atau bisnis dalam skala besar sekalipun. Namun, sebelum menggunakannya, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu email marketing secara lebih detail lagi.

Penting untuk Anda ketahui, email marketing merupakan cara paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan. Selain itu juga, mengarahkan mereka untuk menjadi pelanggan setia Anda.

Email marketing adalah salah satu strategi efektif yang telah banyak digunakan bagi para pemilik perusahaan atau bisnis dengan cara memanfaatkan adanya email.

Dengan menggunakan email marketing, dapat digunakan untuk berinteraksi secara langsung dengan tindakan para pelanggan. Hal ini berarti, saat pelanggan sudah bertransaksi, maka dapat mengirim email sebagai tanda akhir penyelesaian transaksi.

Kemudian, untuk Anda yang ingin memanfaatkan email marketing, sebenarnya dapat dipakai dengan cara yang sangat sederhana.

Email marketing adalah salah satu strategi efektif yang telah banyak digunakan bagi para pemilik perusahaan atau bisnis dengan cara memanfaatkan adanya email.

Seperti saat Anda akan menulis sebuah surat kepada orang lain, hanya saja apabila dengan menggunakan email, maka dapat mengirim pesan dengan lebih cepat. Bahkan Anda pun dapat menyertakan beberapa file tertentu yang diperlukan.

Strategi Email Marketing

Dengan memahami apa itu email marketing, maka akan semakin mempermudah dalam pemanfaatannya. Akan tetapi untuk memanfaatkan email marketing, ternyata terdapat beberapa strategi khusus yang penting untuk Anda ketahui.

Sebagai informasi bahwa email marketing berbeda dengan platform social media lainnya, sehingga dalam penggunaannya diperlukan adanya pendekatan yang berbeda.

Kenali Kebiasaan Calon Konsumen

Dalam hal ini Anda dapat mencari tahu persona calon pelanggan Anda serta pahami lerea merak. Dengan demikian Anda dapat membuat konten email yang sesuai untuk mereka.

Tetapkan Target Penjualan Melalui Email

Pertama riset terlebih dahulu dalam bisnis Anda berapa rata-rata penjualan yang berhasil dilakukan melalui email. Selanjutnya rata-rata tersebut dapat menjadi patokan untuk menetapkan target penjualan Anda. Lalu, Anda pun membutuhkan data dari email user yang akurat. Tentu agar bisa menetapkan target secara realistis.

Kelompok User

Strategi selanjutnya adalah mengelompokkan user atau pelanggan pada daftar tertentu. Anda dapat mengelompokkan sesuai dengan usia, minat, lokasi atau yang lainnya. Selanjutnya mereka akan menerima email khusus mengenai produk baru. Hal ini tentunya telah sesuai dengan profil kelompok tersebut.

Tentukan Jenis Campaign

Sebelum mengirimkan email, hal penting yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis campaign yang ingin dijalankan. Tentu saja, ini berhubungan dengan customer profile di daftar email tersebut yang sudah dikelompokkan. Pastikan campaign telah sesuai dengan profil pelanggan yang Anda tuju.

Tentukan pula jadwal mengirim email yang tepat bagi pelanggan Anda. Beritahu mereka email apa saja yang akan Anda kirimkan serta seberapa sering mereka akan menerimanya. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan serta agar mereka selalu ingat dengan brand Anda.

Evaluasi serta Ukur Hasilnya

Setelah menerapkan beberapa strategi yang ada di atas, maka segera tetapkan ukuran keberhasilan Anda. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk mengukur keberhasilan email marketing. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menetapkan KPI yang jelas atau dengan menggunakan metode A/B Testing.

Jenis-Jenis Email Marketing

Setelah memahami apa itu email marketing dan bagaimana strateginya, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis email marketing yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda antara lain:

Newsletter atau Digital Magazine

Anda mempunyai serta mengelola blog untuk bisnis Anda yang berupa outlet media , majalah atau konsultan. Dewasa ini, sudah banyak dari perusahaan memakai surat elektronik dengan kumpulan artikel, yang mana diterbitkan, baik bulanan maupun mingguan..

Hal ini bertujuan agar orang tertarik untuk membaca email newsletter ini. Dengan demikian Anda dapat membagikannya dengan cara yang menarik secara visual.

Email Katalog

Hampir sama dengan newsletter. Jenis email marketing ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk dan fotonya. Biasanya, surat elektronik ini telah mencantumkan harga, gambar, serta tentang cara mendapatkan produk atau jasa. Cara tersebut biasa disebut dengan hard selling.

Email Transaksional

Salah satu email marketing yang ditujukan khusus bagi para pelanggan yang telah membeli produk Anda. Biasanya pelanggan akan menerima sebuah tanda terima, faktur laporan tagihan dan yang lainnya yang bersangkutan dengan pembelian. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terimakasih kepada pelanggan yang telah membeli produk Anda.

Email Follow-Up

Merupakan serangkaian email yang dikirimkan kepada pelanggan yang disertai dengan konten informatif. Email ini bertujuan untuk menjaga supaya pelanggan email Anda setia. Email ini seringkali paling ditunggu pelanggan karena terdapat informasi yang mereka butuhkan.

Setelah memahami apa itu email, terutama email marketing, dan Anda semakin tertarik menggunakan email marketing untuk mengembangkan bisnis Anda. Akan tetapi masih merasa kebingungan untuk membuatnya. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan adanya layanan jasa email blast. Anda dapat mempercayakan kepada www.senjani.com yang merupakan salah satu layanan yang menawarkan kebutuhan eksistensi digital yang cukup berpengalaman dan terpercaya untuk Anda.