Jenis-Jenis Website Sesuai dengan Kategorinya dalam Dunia Digital

Sudah banyak yang tahu bahwa website bisa memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi akan membantu dan memudahkan proses pembuatan website. Ternyata ada banyak jenis-jenis website berdasarkan kebutuhan pemiliknya.

Pada dasarnya website sudah sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya website maka akan mempermudah semua orang dalam menggali informasi dari internet. Bahkan banyak dari mereka yang mengandalkan website sebagai sumber utama mendapatkan wawasan.

Dengan adanya website maka akan mempermudah semua orang dalam menggali informasi dari internet.

Mengenal Jenis-Jenis Website dan Pengertiannya

Sebelum mengetahui jenis dari website ada baiknya kamu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Website merupakan halaman domain yang berisi informasi agar bisa dibaca oleh semua orang pengguna internet. Informasi yang ada dalam website cukup bervariasi.

Jenis-Jenis Website Sesuai dengan Kategorinya dalam Dunia Digital

 

Bisa menunjukkan gambar, tulisan, ilustrasi, video, dan lain sebagainya. Semua tergantung dari pengelola website yang bisa berkreasi sesuai dengan keinginannya Untuk tampilan awal dari website ini biasanya menggunakan halaman utama berupa URL yang tepat.

Apa Itu Website?

Agar lebih jelas maka kamu perlu mengetahui varian website yang kini tersedia untuk membantu pencarian informasi. Berikut penjelasan lengkapnya untuk kamu.

Website Berdasarkan Sifat

Ternyata website terbagi atas beberapa kategori. Saat ini kamu akan mempelajari website berdasarkan sifat.

  1. Website Statis
    Jenis-jenis website memang bervariasi. Salah satunya adalah website statis yang kontennya konstan atau tidak berubah. Laman tersebut terbuat dari kode HTML untuk menunjukkan sebuah informasi bagi setiap pengunjungnya.
    Pada dasarnya website tersebut menggunakan HTML dan CSS oleh developer. Sehingga harus memahami pemrograman dan coding. Dalam hal ini bisa menggunakan generator website statis seperti Hugo, Heo, Jekyll.
  2. Website Dinamis
    Berikutnya adalah website dinamis yang berisi tentang konten yang selalu update terus menerus. Bahkan pengelolaan website tersebut juga lebih mudah. Mengingat bahwa tampilan konten berasa dari database yang mudah diakses oleh webmaster atau developer.

Website Berdasarkan Fungsi

  1. Blog
    Jenis-jenis website yang bervariasi memunculkan berbagai karya menarik dari para konten kreator. Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis website yang satu ini. Jika kamu membaca artikel maka kamu sedang berhadapan dengan blog.
    Dalam hal ini blog berguna untuk memposting konten yang menarik. Didalamnya terdapat artikel, gambar, dan video. Fungsinya juga bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan konten kreator dalam berbisnis.
  2. Toko Online
    Kemudian ada jenis website toko online. Dimana website tersebut merupakan sebuah toko online virtual untuk melakukan transaksi jual beli. Pengunjung akan mendapat suguhan varian produk atau layanan bisnis.
    Menggunakan toko online akan memudahkan berkembangnya sebuah bisnis. Apalagi jika kamu mengelolanya dengan baik akan memberikan banyak keuntungan. Membangun bisnis ini menjadi media paling tepat untuk mendongkrak ekonomi.
  3. Website Bisnis
    Walaupun jenis-jenis website sangat banyak tetapi kamu tidak bisa melupakan website bisnis. Hal ini sangat membantu dalam perkenalan bisnis ke pengguna internet. Dalam website tersebut berisi sejarah bisnis, produk, dan nilai bisnis yang dijalankan.
  4. Komunitas Online
    Selanjutnya juga ada komunitas online yang terdiri dari berbagai topik. Dalam hal ini akan menjadi populer dengan banyaknya orang yang bergabung dalam komunitas tersebut. Biasanya para pengelola akan membahas satu topik tertentu dengan fokus.
    Dengan adanya komunitas online maka semua orang bisa mendapatkan informasi terbaru. Terkadang juga mendapatkan tips atau tutorial dari topik yang menjadi pembahasan.
  5. Media Sharing
    Bahkan ada jenis-jenis website media sharing yang berguna untuk memberikan informasi dan saling bertukar pikiran dengan pengunjung. Biasanya berisi gambar, file musik, video, dan lain sebagainya.
  6. Website Berita
    Kemudian ada website berita yang menjadi sumber akurat untuk menyebarkan berita. Tentunya website ini sudah familiar untuk kamu ketahui. Berkembangnya teknologi informasi memudahkan penyebaran berita secara online.
    Mengingat dengan berbekal smartphone semuanya bisa didapatkan dengan mudah. POrtal berita online kini juga sudah menggeser sumber berita lainnya. Hal tersebut karena kemudahan yang diberikan untuk menggali informasi secara mendalam.

Website Berdasarkan Platform

Ternyata jenis-jenis website tidak hanya berdasarkan dua unsur saja. Tetapi ada juga jenis yang berdasarkan platform. Website tersebut adalah sebagai berikut:

  1. CMS
    Merupakan sebuah metode yang cukup populer. Biasanya menggunakan Content Management System (CMS). Hal ini adalah perangkat lunak atau sistem untuk membuat dan mengatur sebuah konten.
    Kamu bisa menggunakan website tersebut dengan mudah dan cepat. Biasanya orang-orang menggunakan WordPress, Joomla dan Drupal.
    Walaupun termasuk website yang sangat mudah dalam pengelolaannya, tetapi kamu harus mengetahui detail dan cara penggunaannya. Masing-masing CMS akan bekerja dengan sistem yang berbeda. Selagi masih ada kesempatan kamu bisa menyimak berbagai tutorial untuk mengembangkan website.
  2. Website Builder
    Berikutnya jenis-jenis website berdasarkan platform adalah Builder. Dimana akan membantu kamu untuk membuat website dengan cepat. Biasanya tidak memerlukan coding atau kemampuan desain apapun itu.
    Website builder sangat cocok untuk kamu yang ingin waktu singkat. Dalam pembuatan website ini tidak diperlukan kemampuan secara teknis. Sehingga siapapun bisa menggunakan website builder.
    Kelebihannya bisa mendapatkan paket lengkap termasuk template, hosting, dan domain. Kamu hanya perlu mengganti konten sesuai dengan keinginan dan pemilik.
  3. HTML dan CSS
    Jenis-jenis website berikutnya adalah HTML dan CSS. Keduanya merupakan jenis berdasarkan platform yang cukup populer. Website tersebut memang membutuhkan coding dan pemrograman secara khusus.
    Tidak sembarang orang bisa menggunakan website tersebut. Sehingga kamu memerlukan jasa pembuatan website ternama dan populer. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk terus berkarya dan membuat konten.
    Untuk mendapatkan hal tersebut kamu bisa mempercayakan kepada senjani.com yang merupakan jasa pembuatan website terpercaya. Mampu melayani semua orang dengan berbagai kebutuhan website dan pengelolaannya. Dengan begitu akan mendulang kualitas website yang maksimal dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Tenaga Kerja Profesional

Pastinya jasa tersebut memiliki tim yang bisa bekerja dengan maksimal. Artinya memberikan pelayanan penuh pada semua klien. Website yang dibuatkan menyesuaikan dengan jenis-jenis website masa kini.

Hal tersebut memberikan bukti bahwa tim bisa membuat semua jenis website dengan pengelolaan siap terjun ke dunia bisnis. Dengan begitu klien tinggal mengisi dan mengembangkan website sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Inilah yang mendasari Anda harus belajar memahami SEO.

Sebenarnya apa itu SEO? Jadi, SEO merupakan upaya untuk mengoptimasi sebuah website. Tujuannya untuk mendapat peringkat teratas dari hasil pencarian. Ranking yang tinggi tersebut akan menaikkan trafik organik pada website.

Nah, jasa tersebut akan membantu kamu untuk mengoptimalkan sistem SEO pada website. Sehingga trafik akan tepat sesuai dengan tujuan dan keperluan bisnis yang sedang berjalan. Bahkan biaya pembuatan website juga sangat terjangkau. Artinya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan website berkualitas dan memajukan bisnis.

Ranking yang tinggi tersebut akan menaikkan trafik organik pada website.

Itulah jenis-jenis website yang bisa kamu gunakan untuk referensi dalam pembuatan konten. Segera hubungi jasa senjani.com untuk mendapatkan pelayanan dan penawaran istimewa pembuatan website.